Sabtu, 10 Desember 2011

Mengatasi Insomnia

Apa itu insomnia?
Insomnia adalah sejenis trend anak muda jaman sekarang, yah dibilang penyakit rasanya tidak pas, karena tidak menyerang dan mengganggu organ tubuh tertentu. Banyak orang mengatakan bahwa rata-rata dari mereka biasanya tidur dalam kurun waktu diatas jam23.00. tak jarang dari mereka adalah seorang pekerja, mahasiswa maupun pelajar. Biasanya mereka dapat terserang insomnia akibat sering mengerjakan kegiatan atau aktivitas-aktivitas dimalam hari. Jadi, hal itu memungkinkan seseorang dapat tidak dapat tidur malam di keesokan harinya. Insomnia juga dapat dikatakan keadaan dimana seseorang sulit tidur, sering terbangun pada malam hari atau tidak dapat tidur dengan lelap. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam pada malam hari untuk tidur namun pada beberapa orang tidur malam dengan jumlah waktu 3-4 jam sudah disanggap cukup. Tidur yang baik tidak hanya dilihat dari jumlah waktu tetapi juga pada kualitas dari tidur . Riset yang dapat saya simpulkan, Insomnia dapat diatasi dengan cara :
•    Lakukan hal kegiatan atau penuhi aktivitas-aktivitas di siang hari. Sehingga pada malam hari tubuh akan terasa letih yang memungkinkan kita untuk menyegerakan untuk tidur.
•    Jauhkan handphone dari jangkauan kita sewaktu ingin tidur, karena dari pengalaman yang saya dapatkan ketika seseorang ingin beristirahat pada malam hari dan iya memainkan handphone terlebih dahulu biasanya radiasi yang diberikan pada handphone tersebut memungkinkan kita untuk tidur lebih susah.
•    Matikan TV, karena pada waktu malam hari otak harus beristirahat karena seari penuh telah terpakai untuk mengerjakan atau berfikir berat.
•    Hindari minuman-minuman yang mengandung kaffein.
•    Sebelum tidur biasakan membersihkan badan, terutama mengganti pakaian tidur. Jangan memakai pakaian yang kita pakai seharian karena akan menimbulkan bakteri dan kuman-kuman yang menempel pada baju yang kita pakai.
•    Cuci muka dan kaki sebelum tidur. Pastikan keadaan tubuh kita benar-benar bersih ketika kita ingin tidur.

Jika tidak bisa tidur juga, carilah kegiatan yang membuat anda ngantuk seperti :
Membaca buku, menonton dvd, ataupun mendengarkan musik atau dengan meminum susu hangat itu dapat membuat tidur kita lebih nyenyak karna posisi perut dalam keadaan terisi.
Semoga bermanfaat !

2 komentar:

Unknown on Rabu, 14 Desember 2011 pukul 13.37.00 WIB mengatakan...

owhh g2 yahh kawan..."nanti dicoba dech resep'a. he..he.. thanx bgt nich postingan'a. oiya mampir balik yahh ke blog saya. sudah saya follow nama'a bayuzu.

syifa rizky amanda on Senin, 13 Februari 2012 pukul 23.10.00 WIB mengatakan...

sama-sama terimakasih telah mengunjungi blog saya :)

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

 

Syifa Blog {Syifa Rizky Amanda} Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting