Resume kelompok 2:
Perilaku konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian
Faktor yang biasanya mempengaruhi adalah :
1. faktor eksternal : contohnya seperti faktor yang
berpengaruh pada keluarga, lingkungan sekitar dan juga kelas sosial atau strata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
2. faktor Internal : contohnya motivasi, sikap, gaya hidup, kepribadian atau yang biasa terjadi atau timbul dalam diri sendiri
Pendekatan perilaku konsumen
Pendekatan Kardinal atau Cardinal Approach:
Menurut pendekatan kardinal kepuasan seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan, contohnya seperti uang. Kekuasaan konsumen dihitung dalam satuan kepuasan yaitu uang. Semakin besar barang yg dikonsumsi tingkat kepuasan semakin tinggi. Besarnya nilai kepuasan akan sangat bergantung pada individu (konsumen) yang bersangkutan. Konsumen dapat mencapai kondisi equilibrium atau mencapai kepuasan yang maksimum apabila dalam membelanjakan pendapatannya, mereka mencapai kepuasan yang sama pada berbagai barang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen
a. Kebudayaan
b. Kelas sosial
c. Kelompok referensi kecil
d. Keluarga
e. Pengalaman
f. Kepribadian
g. Sikap dan kepercayaan
h. Konsep diri
empat konsep elastisitas yang umumnya dipakai dalam teori mikro:
1. Elastisitas harga permintaan
2. Elastisitas harga penawaran
3. Elastisitas silang
4. Elastisitas pendapatan
Suatu elastisitas akan besar jika terdapat banyak barang substitusi yang baik, harga relatif dan juga ada banyak kemungkinan-kemungkinan penggunaan barang lain
Pertanyaan :
Jeanny fatma
Bagaimana Mengatasi perilaku konsumen yang memilih barang-barang import dari pada barang lokal?
- Dari pihak pemerintah itu sendiri. Dilihat dari wilayah surabaya sedang maraknya kenaikan tingkat import, cara mengatasinya ke dalam masyarakat adalah dengan mensosialisasi kepada masyarakat tersebut agar masyarakat lebih memilih barang lokal dibanding barang import agar masyarakat diwilayah itu sendiri agar lebih memilih barang lokal.
Komang Anom Budi Utama
Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen dalam pembelian barang?
- Faktor internal( dalam diri sendiri), sesuai dengan keinginan dalamdiri sendiri walaupun barang yang ingin kita beli mahal harganya.
Rahmi imanda
Adanay apendekatan cardinal dan ordinal, pendekatan ordinal itu daya guna suatu barang tidak perlu diukur, maksudnya seperti apa dan berikan contohnya!
- Maksudnya adalah tidak diukur dengan uang, pendekatan ordinal kepuasan pada diri sendiri. Misalnya pendekatan yg dipakai kurva yg memberikan tingkat kepuasan yang sama.
Kalau disangkutpautkan dengan masalah indomie yang sesuai dengan penjelasan kelompok tadi?
- Sesuai dengan selera jika disangkutpautkan dengan indomie tersebut
Novie Kartika Watuna
Dapatkah kalian jelaskan mengenai Contoh nyata elastisitas yang dijelaskan oleh sdra. Rezah?
- (pertanyaan ini di skip)
Eka Fitri Rahayu
Bagaimana cara menyikapi konsumen yg pendapatannya sedikit tapi cara memenuhi kebutuhannya banyak. Faktor apa yg mempengaruhi perilaku konsumen yang seperti itu
- Faktor itu sebenarnya terjadi pada faktor eksternal pada dirinya sendiri, diusahakan bagi para konsumen untuk menjadi konsumen yangr rasional. Jadi kita harus tetap menyesuaikan pendapatan dengan kebutuhan
0 komentar:
Posting Komentar