Minggu, 03 Oktober 2010

MANFAAT KOMPUTER DALAM 5 SEKTOR

MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG INDUSTRI
mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuah mesin serba guna dalam industri metal) , sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual.

Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.
Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi

MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Di bidang pendidikan, selain dijumpai sebagai alat bantu pelajaran, banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak. Beragam obat baik untuk keperluan kesehatan manusia maupun pertanian dan peternakan telah banyak dipergunakan oleh masyarakat.

MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG PEMERINTAHAN
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) di dunia telah semakin luas Hal ini dapat dilihat dari penggunaan ICT yang tidak terbatas pada bidang perdagangan saja, melainkan juga dalam bidang-bidang lain, seperti bidang pendidikan, bidang pertahanan dan keamanan negara, sosial dan sebagainya.
Baru-baru ini pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT ini. Sistem informasi itu sendiri terdiri dari fungsi-fungsi input, proses, output, storage dancommunication. Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah yang didalamnya terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata usaha negara, pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan Sistem informasi dalam praktek pemerintahan merupakan sistem informasi manajemen dimana didalamnya terdapat proses pengolahan suatu informasi yang diperuntukkan untuk keperluan pengambilan keputusan dari suatu lembaga pemerintahan, dan karena peran pemerintah berkaitan dengan kepentingan publik maka segala sistem informasi yang dipergunakan harus memenuhi syarat efisien, efektif dan ekonomis. Dari konsep yang demikian maka mulai diterapkan penggunaan teknologi dalam sistem informasi pemerintahan.

MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG ILMU DAN TEKNOLOGI
Pada bidang IPTEK contohnya yaitu pada bidang pengembangan teknologi nuklir. Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi.
Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul. Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelarai keadaan tanah sertacountour dari suatu daerah. Perjalanan ke ruang angkasa yang memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yang ada dalam pesawat.

MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG TRANSPORTASI
Dewasa ini bus-bus penumpang sudah dilengkapi dengan sistem kontrol komputer dan sensor-sensor canggih sehingga mengendarai bus tersebut terasa lebih aman. Penerapan kontrol komputer yang tercanggih terdapat di pesawat terbang dan pesawat ruang angkasa. Untuk dapat mengatasi berbagai kendala alam dan sulit dilakukan oleh seorang pilot secara manual, sebuah pesawat terbang dapat dikendalikan secara otomatis sehingga bisa terbang dengan selamat di tujuan.

4 komentar:

Unknown on Kamis, 07 Oktober 2010 pukul 19.46.00 WIB mengatakan...

kak sebelumnya minta maaf sya menyunting manfaat komputer di bidang pemerinthan dan pendidikan untuk memenuhi tugas pengantar sistem informasi.,.,

Unknown on Kamis, 07 Oktober 2010 pukul 19.49.00 WIB mengatakan...

saya juga mahasiswa gunadarma kalimalanG jurusan mangement informatika, 2010 kampus j kalimalang kelas 2B20,., SEBELUMNYA TERIMAKASIH BANYAK

syifa rizky amanda on Selasa, 12 Oktober 2010 pukul 10.55.00 WIB mengatakan...

oh ya gpp kok :)
tapi kamu salah panggil saya kk , karna saya angkatan 2010.

syifa rizky amanda on Selasa, 12 Oktober 2010 pukul 10.56.00 WIB mengatakan...

oh manajemen informatika , kalo saya sistem informasi. mari berbagi ilmu :)

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

 

Syifa Blog {Syifa Rizky Amanda} Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting